Jika Anda melewatkannya, Twitter adalah platform mikroblog dan jejaring sosial revolusioner yang dengan cepat mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Berdasarkan perhitungan terakhir, hampir 200 juta orang menggunakan Twitter untuk terhubung dengan teman, kolega, rekan bisnis, dan bahkan selebriti.
Namun, sulit untuk menyebut Twitter sebagai pesaing Facebook, atau bahkan mengklasifikasikannya dalam kategori yang sama, karena keduanya sangat berbeda.
Seperti Facebook, Twitter adalah tentang jejaring sosial, dan memungkinkan Anda terhubung dengan orang-orang yang Anda kenal, namun di situlah persamaannya berakhir. Meskipun Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim pembaruan status yang panjang, semua pesan Twitter terdiri dari seratus empat puluh karakter atau lebih pendek.
Meskipun Twitter juga memungkinkan Anda untuk mengirim ulang Tweet dari pengguna lain, atau menanggapi atau mengomentari kiriman, sebagian besar pengguna menemukan bahwa tidak seperti Facebook, di mana sebagian besar kontak mereka dikenal (keluarga, teman, dan kolega), di Twitter, kebanyakan orang mengikuti orang yang mereka sukai. belum pernah bertemu sebelumnya.
Sebagai aplikasi bisnis, Twitter menawarkan kemungkinan untuk tetap berhubungan dengan klien dan rekan bisnis, serta pemasaran, dan mengikuti berita industri. Kemampuan untuk terhubung ke situs web, foto, dan konten lainnya juga menjadikannya sarana yang berharga untuk berbagi informasi, dan karena banyak negara mengizinkan Anda menge-Tweet dari ponsel Anda, maka ini bersifat seluler dan mudah digunakan di mana saja.
Mari kita lihat lebih dekat cara kerja Twitter.
Langkah pertama, setelah Anda mendaftarkan akun Twitter, adalah membuat profil pengguna Anda. Anda dapat menambahkan gambar profil, atau logo perusahaan Anda, serta informasi tentang diri Anda, bisnis Anda, dan situs web Anda. Anda dapat memilih untuk memasukkan rincian kontak, atau tidak menyertakannya, dan Anda dapat memasukkan minat Anda dan informasi lainnya.
Setelah profil Twitter Anda selesai, langkah selanjutnya adalah menambahkan kontak Anda. Ini bisa siapa saja mulai dari keluarga dan teman hingga klien atau bahkan orang yang Anda kagumi, namun belum pernah Anda temui. Menambahkan orang di Twitter dikenal sebagai 'mengikuti' dan bukannya 'teman' seperti yang Anda miliki di Facebook, di Twitter, Anda memiliki pengikut. Masing-masing pengikut tersebut akan menerima Tweet Anda, saat Anda mengirimkannya, dan Tweet dari siapa pun yang Anda ikuti akan muncul di umpan berita Anda.
Sekarang setelah kita memahami dasar-dasarnya, mari kita lihat bagaimana Anda dapat menggunakan Twitter untuk memberi manfaat bagi bisnis Anda.
Metode pertama adalah mengikuti orang-orang yang bekerja di industri Anda, atau industri terkait. Misalnya, jika Anda memiliki hotel, Anda mungkin memilih untuk mengikuti orang-orang yang terlibat dalam perusahaan tur, atau mereka yang menulis ulasan perjalanan. Hal ini membuat Anda selalu mengetahui berita industri terkini, dan membuka potensi bisnis baru.
Pilihan bagus lainnya adalah mendorong pelanggan Anda untuk mengikuti Anda di Twitter. Dengan begitu, ketika Anda memiliki penawaran khusus, produk atau layanan baru, atau pembaruan pada situs web Anda, Anda dapat membagikannya dengan cepat dan mudah kepada semua pengikut Anda.
Karena Twitter memungkinkan Anda membuat daftar, Anda juga dapat mengkategorikan pengikut Anda, atau orang-orang yang Anda ikuti, ke dalam daftar atau grup, dan membalas ke grup atau daftar, bukan individu. Artinya, lebih mudah menjangkau lebih banyak orang hanya dengan satu Tweet.
Dengan diumumkannya Tweet selektif dan opsi periklanan di Twitter yang diluncurkan pada tahun 2010, terdapat bentuk periklanan lain yang terbuka bagi pemilik bisnis di Twitter, namun masih harus dilihat seberapa baik iklan tersebut akan bersaing dengan AdSense dan opsi periklanan di Twitter. platform jejaring sosial lainnya. Namun, selalu menyenangkan mengetahui bahwa masih ada alternatif lain.
Mungkin aset terbesar Twitter, dalam hal pemasaran dan bisnis, adalah setiap Tweet hanya terdiri dari 140 karakter, dan Anda dapat menge-Tweet dari mana saja, selama ponsel Anda diaktifkan. Ini menjadikannya sempurna bagi pemilik usaha kecil yang mencoba menyesuaikan pemasaran online dengan jadwal sibuk mereka.
Ditambah lagi dengan potensi membangun tautan dari situs tersebut, dan mudah untuk melihat mengapa situs ini dikenal sebagai alat pemasaran bisnis. Jadi, jika Anda belum menge-Tweet tentang bisnis dan berita Anda, mengapa tidak mendaftar dan mencobanya? Anda mungkin menemukan bahwa Anda menemukan bisnis baru, dan bahkan beberapa peluang, atau Anda belajar dari orang-orang yang menginspirasi Anda!