Para pemimpin bisnis selalu mencari peluang baru untuk mengurangi biaya atau meningkatkan keuntungan. Namun peluang-peluang tersebut mungkin hanya dibahas dalam pertemuan-pertemuan strategis, seringkali dengan melakukan analisis terhadap Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman (alias SWOT). SWOT adalah alat yang hebat bagi para pemimpin untuk melihat di mana bisnisnya berada, di mana saat ini, dan ke mana arahnya. Namun, hasil SWOT tidak akan tercapai ketika beberapa peluang yang teridentifikasi tidak dapat segera dimanfaatkan. Hal ini mungkin disebabkan oleh perasaan manajemen bahwa mereka perlu melakukan penelitian lebih lanjut sebelum mengambil peluang. Penelitian lanjutan ini dapat memakan banyak waktu, tenaga, uang, dan mungkin mengakibatkan hilangnya peluang. Sebaliknya, putuskan apakah penelitian tambahan diperlukan dan peluang mana yang dapat segera diterapkan dengan mengikuti latihan SWOT disertai tinjauan singkat Manfaat dan Hambatan (BB).
Untuk melakukan review BB, cukup buatlah T-chart dengan setiap peluang tercantum di bagian atas halaman terpisah. Kemudian tuliskan “Manfaat” di sisi kiri huruf T dan “Hambatan” di sebelah kanan. Setelah templat bagan siap, para pemimpin dapat mulai melakukan brainstorming ide-ide untuk ditempatkan di setiap sisi bagan.
- Keuntungan Contoh: aliran dana yang cepat, mudah dilakukan, keuntungan meningkat, sudah mempunyai keahlian, biaya implementasi rendah, sesuai dengan tujuan/sasaran jangka panjang, dapat menggunakan peralatan yang ada, penghematan biaya, pasar produk yang kuat, mudah dijual, cocok nilai-nilai perusahaan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dll.
- Penghalang contoh: mahal untuk dilaksanakan, tidak mempunyai keahlian, memerlukan pelatihan, masalah kualitas, diperlukan peralatan khusus, mahal untuk diterapkan, memakan waktu terlalu lama, batasan pemerintah, di luar basis pelanggan saat ini, masalah hukum, memerlukan asuransi tambahan, diperlukan lebih banyak ruang, dll.
Setelah ide-ide untuk bagan tersebut habis, para pemimpin dapat dengan mudah melihat di mana manfaatnya lebih besar daripada hambatannya untuk segera menerapkan beberapa peluang. Jika hambatannya jauh lebih besar daripada manfaatnya, maka peluang tersebut mungkin tidak layak untuk dikejar saat ini. Apabila manfaat dan hambatan tampak sama, penelitian lebih lanjut mungkin diperlukan untuk mengambil keputusan dan menentukan potensi laba atas investasi. Terhadap peluang-peluang yang belum dapat segera diimplementasikan dan masih terlihat menjanjikan, pimpinan kini dapat membuat rencana untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut sehingga bisnis dapat memperoleh manfaat di masa depan.
Metode alternatif untuk menganalisis setiap peluang dengan cepat selama pertemuan strategis adalah dengan membagi tim kepemimpinan menjadi sub-kelompok yang terdiri dari tiga hingga empat orang. Setiap subkelompok akan diberi dua atau tiga peluang paling menarik untuk membuat grafik BB dalam waktu singkat. Setelah grafiknya selesai, sub-kelompok akan bersatu kembali ke dalam tim kepemimpinan yang lebih besar untuk memilih peluang mana yang harus dikejar, mana yang perlu diteliti lebih lanjut, dan mana yang harus ditinggalkan untuk saat ini.
Analisis SWOT adalah alat yang berguna bagi para pemimpin bisnis untuk menentukan di mana bisnisnya berada dan ke mana mereka ingin bisnisnya menuju. Namun, jangan berhenti di situ karena hal ini dapat membiarkan peluang mudah terlewatkan jika Anda mencoba melakukan terlalu banyak riset sebelum memulainya. Sebaliknya, gunakan grafik BB untuk menargetkan manfaat dan hambatan dari peluang potensial. Metode pembuatan bagan ini memungkinkan eksekusi cepat atas peluang-peluang tersebut yang akan segera menghasilkan manfaat langsung bagi bisnis. Serta mengidentifikasi peluang mana yang sepadan dengan waktu dan upaya penelitian tambahan dibandingkan dengan peluang yang mungkin tidak memberikan keuntungan seperti yang terlihat ketika dibawa ke hadapan para pemimpin bisnis.