Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah alat penting dalam gudang pemilik bisnis yang mencoba masuk ke dunia online dan menciptakan kehadiran yang dapat meningkatkan keuntungan. Perusahaan SEO mampu menerapkan rencana situs web yang rumit yang biasanya menghasilkan peringkat halaman hasil mesin pencari (SERP) yang lebih tinggi dan kesadaran bisnis yang lebih tinggi. Biasanya, perusahaan pengoptimalan mesin pencari, juga disebut perusahaan pemosisian mesin pencari, menggunakan berbagai metode pemasaran, seperti media sosial dan pengoptimalan kata kunci, untuk meningkatkan kemungkinan bahwa ketika pengguna mencari kata kunci, mereka akan menemukan bisnis klien tersebut.
Bagi banyak bisnis, cara terbaik untuk menerapkan rencana tindakan adalah dengan memilih perusahaan penentuan posisi mesin pencari lokal yang memahami kebutuhan bisnis. Perusahaan SEO lokal akan mengetahui tren pemasaran di wilayah klien dan akan dapat dengan mudah menyesuaikan situs web untuk memungkinkan kampanye pemasaran online yang sukses. Perusahaan yang berpengetahuan luas akan mampu menyediakan semua alat yang diperlukan, termasuk desain grafis dan strategi pemasaran, untuk memaksimalkan kemampuan situs web agar diperhatikan di internet sekaligus menciptakan minat terhadap produk yang coba didistribusikan oleh suatu bisnis. Ketika seorang pengguna internet mencari kata kunci di ceruk pasar tempat suatu bisnis berada, ia harus dapat menemukan situs web melalui kata kunci di teks atau header beranda. Pada akhirnya, tujuan SEO adalah membantu lalu lintas menemukan situs web relevan yang mencakup produk atau layanan tertentu.
Kehadiran online yang kuat diperlukan agar bisnis lokal dapat bertahan, dan dapat lebih diperkuat dengan bekerja sama dengan perusahaan SEO yang berpikiran lokal. Karena bisnisnya bersifat lokal, kemungkinan besar perusahaan akan mampu menyediakan metode penerapan yang benar bagi bisnisnya, dan memastikan bahwa strategi pemasaran yang tepat telah diterapkan. Seringkali, tren pemasaran harus dilokalisasi berdasarkan wilayah dan merupakan kepentingan terbaik bagi bisnis untuk memilih perusahaan profesional yang memiliki pengetahuan mendalam tentang strategi terbaik untuk pemasaran lokal.
Perusahaan SEO yang tidak terbiasa dengan strategi pemasaran Internet lokal akan mengalami kesulitan menangani kampanye iklan bayar per klik, dan tidak akan mampu menawarkan tingkat layanan yang sama dengan yang mampu dilakukan oleh bisnis yang berspesialisasi dalam pemasaran lokal. . Bagi bisnis ibu-ibu dan pop, kampanye nasional terbukti kontraproduktif, dan merupakan salah satu contoh bagaimana kampanye lokal khusus dapat meningkatkan repertoar perusahaan secara online.