Search Engine Optimization (SEO), Media Sosial, dan Manajemen Reputasi Online (ORM) terkadang membingungkan, karena banyak orang yang menganggap ketiganya sama. Selain itu, terdapat beberapa persilangan yang jelas, ketiganya memiliki fokus yang sangat berbeda dan mengikuti hasil yang sangat berbeda. Di sini, di artikel ini, kita akan membahas lebih banyak tentang pentingnya dan kegunaannya.
Dikatakan optimasi mesin pencari, manajemen reputasi online dan media sosial adalah trinitas pemasaran internet. Mari kita bahas sedikit tentang SEO, Media Sosial dan ORM terlebih dahulu.
Mengapa Optimasi Mesin Pencari?
SEO umumnya berkaitan dengan mendapatkan peringkat situs web di mesin pencari atau mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk istilah pencarian terkait produk dan/atau layanan. Tidak lain adalah sebuah proses untuk meningkatkan peluang website Anda agar bisa terdaftar di halaman pertama atau pertama di hasil pencarian mesin pencari populer, seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya.
- Pentingnya SEO: Ini adalah outlet pemasaran yang layak yang dapat membawa bisnis Anda lebih banyak prospek dan pelanggan yang berkualitas. Pemasaran ini dapat menghasilkan laba atas investasi yang lebih baik dibandingkan bentuk pemasaran tradisional, misalnya iklan televisi dan/atau media cetak. Ini bagus untuk visibilitas dan branding bisnis. SEO dapat mendatangkan lalu lintas ke bisnis dan memberikan wawasan pelanggan yang tak tertandingi.
Mengapa Pemasaran Media Sosial?
Pemasaran media sosial adalah sekumpulan teknik dan strategi untuk meningkatkan kesadaran akan suatu merek, publikasi, produk, dll. (merek, publikasi, atau produk dapat bersifat pribadi atau untuk bisnis), di media sosial, khususnya dengan mendorong berbagi konten yang membantu menarik jumlah akhir orang ke situs web tertentu.
- Pentingnya Media Sosial: Media sosial terkadang digunakan untuk pemasaran, khususnya pemasaran online, kemudian media sosial menjelma namanya menjadi pemasaran media sosial. Ini dapat meningkatkan kesadaran merek Anda. Media sosial dapat membantu pemasaran online untuk memvalidasi merek. Ketika kehadiran media sosial perusahaan Anda dijalankan dengan benar, hal ini memberi tahu pelanggan bahwa merek perusahaan Anda aktif dan fokus pada komunikasi yang berkembang dengan pelanggan. Ini memberikan cara yang ditargetkan untuk mempromosikan merek Anda ke pelanggan potensial Anda. Ini dapat meningkatkan lalu lintas ke situs web individu atau bisnis Anda, menumbuhkan komunitas penggemar dan pengikut yang besar, dan dapat dengan cepat menghasilkan bisnis baru. Ini juga dapat membantu peringkat pencarian Anda.
Mengapa Manajemen Reputasi Online?
Manajemen reputasi online adalah tentang meningkatkan nama pribadi atau bisnis Anda atau reputasi baik merek Anda. Hal ini dilakukan dengan melawan atau menghilangkan feedback negatif yang ditemukan di internet – kalahkan mereka dengan feedback, komentar, atau ulasan yang lebih positif untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap nama atau merek Anda.
- Pentingnya ORM: Reputasi online adalah citra Anda di internet. Saat ini, reputasi online telah menjadi keharusan bagi semua jenis bisnis untuk memantau, mengidentifikasi, dan memengaruhi reputasi digital suatu merek. Hal ini penting dan bukan hanya tentang melindungi apa yang sudah Anda miliki, namun menggunakan reputasi online Anda sebagai bagian dari kampanye pemasaran Anda untuk mendorong bisnis baru dan meningkatkan penjualan.
Teknologi di sekitar kita berkembang dengan kecepatan eksponensial. Dalam sejarah umat manusia, kita belum pernah memiliki kemampuan nyata, baik sebagai organisasi maupun individu, untuk menjangkau, terlibat, berinteraksi, dan terhubung dengan banyak orang, secara lokal dan global, dan tentunya secara real-time. Media digital telah mengubah konsep pemasaran modern, menjadikannya semakin buruk bagi organisasi dan institusi bisnis, baik kecil maupun besar, untuk bersuara di dunia online.
Media dan pemasaran digital, misalnya, pengoptimalan mesin pencari, pemasaran media sosial, dan manajemen reputasi online telah membuktikan nilainya bagi semua ukuran dan jenis bisnis dengan menawarkan fitur-fitur canggih berikut.
- Komunikasi instan – Media dan pemasaran digital memungkinkan konversi waktu nyata antara bisnis dan organisasi serta pelanggan dan anggotanya.
- Masukan – Bisnis dapat memperoleh informasi kualitatif dan kuantitatif tentang hal-hal yang terjadi di pasar sasaran dengan melibatkan dan meminta umpan balik.
- Periklanan – Media digital menyediakan cara yang ditargetkan untuk mempromosikan nama merek Anda kepada calon pelanggan.
Manfaat Menggunakan SEO, Media Sosial dan ORM
Dalam hal meningkatkan peringkat pencarian, mempromosikan bisnis, dan membangun kesadaran positif, dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk membangun serta mempertahankan reputasi online perusahaan. SEO, Media Sosial, dan ORM dapat memberikan hal itu. Manfaatnya adalah:
- Membantu meningkatkan trafik, yaitu pengunjung website yang ditargetkan dan eksposurnya.
- Dorong pengikut dan penggemar.
- Tingkatkan peringkat pencarian.
- Bangun reputasi online, bangun nama dan nilai merek.
- Memperluas bisnis dan meningkatkan penjualan.
- Berikan wawasan pasar.
- Bangun kepercayaan dan kredibilitas.
SEO dan Media Sosial bukanlah manajemen reputasi online. Tidak diragukan lagi, layanan manajemen reputasi mencakup komponen SEO dan media sosial. Namun, ketika berbicara tentang kampanye manajemen reputasi online yang komprehensif, SEO bukanlah segalanya. Mari kita lihat perbedaan utama SEO, Media Sosial, dan Manajemen Reputasi Online.
Untuk memahami perbedaan mendasar SEO, Media Sosial, dan ORM, kita perlu memahami perjalanan pembeli. Perjalanan pembeli terdiri dari tiga tahap penting:
- Kesadaran: Pembeli dapat dengan mudah mengartikulasikan kebutuhan atau masalah, namun bahkan tidak menyadari kemungkinan solusi apa pun. Dia suka pergi ke Asia Tenggara tetapi mungkin atau mungkin tidak punya ide di mana harus tinggal atau apa yang harus dilakukan di sana, sehingga dia bisa mencari “tujuan di Asia Tenggara,” “hal yang bisa dilakukan di Asia Tenggara,” dll.
- Cpertimbangan: Dia sekarang tahu bahwa dia harus menghabiskan waktu seminggu dan memikirkan anggaran tertentu, namun dia perlu membuat rencana perjalanan, seperti tempat yang akan dikunjungi, aktivitas yang harus dilakukan, makanan yang akan dimakan, barang yang akan dibeli, dll. Dia akan menelusuri “hal yang dapat dilakukan di Hong Kong” dan “motel atau restoran di Shanghai”.
- Keputusan: Pembeli memiliki rencana perjalanan dan perlu mencari penyedia tertentu di tujuannya, seperti “Hyatt di Hong Kong”, “kereta gantung di Hong Kong”, “Menara CCTV di Shanghai”, dll.
Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, manajemen reputasi online sering kali menggunakan taktik keras yang mungkin dianggap atau sesuatu yang berada di luar lingkup SEO konvensional dan Media Sosial. Apakah bisnis Anda hidup dan mati berdasarkan ulasan pada publikasi online yang berdampak, maka Anda perlu mengoptimalkan situs tersebut dengan benar dan mengatasi entri negatif tersebut, seperti komentar yang memfitnah, konten yang disalin, materi yang tidak pantas, dll. yang tidak Anda kendalikan.