Siaran pers daring adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk memperkenalkan bisnis rumahan Anda kepada pasar sasaran Anda.
Sering kali ketika orang berpikir tentang istilah “siaran pers”, yang terlintas dalam pikiran adalah berita besar yang mengubah hidup yang diterbitkan oleh perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Namun, menurut World English Dictionary, siaran pers hanyalah “pengumuman atau laporan resmi tentang suatu berita yang diedarkan ke pers.”
Apa artinya bagi pengusaha bisnis rumahan?
Anda memiliki alat yang ampuh untuk menghasilkan publisitas dan mendapatkan perhatian — tepat di ujung jari Anda.
Mengapa Siaran Pers Daring?
Di masa lalu, berita dirilis di media cetak, televisi, dan radio. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, internet telah mengubah cara individu dan organisasi menyebarkan berita.
Konsumen rata-rata kini berharap untuk mendapatkan berita dengan segera, khususnya secara daring. Jadi, saat Anda menerbitkan siaran pers tentang bisnis rumahan Anda di web, Anda bisa melihat gelombang besar lalu lintas ke bisnis Anda dalam hitungan jam dan menit, bukan dalam hitungan minggu dan hari seperti sebelumnya.
Inilah alasannya mengapa ini berhasil.
Banyak situs siaran pers dianggap sebagai situs otoritas penting oleh mesin pencari, jadi jika Anda mengoptimalkan laporan Anda dengan benar seperti yang dijelaskan dalam artikel ini, berita Anda akan muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian untuk istilah yang diminati calon pelanggan Anda.
Selain itu, fakta bahwa mereka adalah diidentifikasi sebagai situs otoritas berarti tautan dari situs siaran pers ke milikmu situs web diberi bobot lebih. Jadi dari sudut pandang mesin pencari, Anda lebih berwenang dan peringkat situs web Anda meningkat, sehingga memudahkan audiens yang Anda tuju untuk menemukan Anda secara daring.
Selain itu, karena relevansi yang terkait dengan situs siaran pers, otoritas yang Anda rasakan di benak pembaca akan berlipat ganda. Anda kemudian memiliki jalan untuk mengedukasi konsumen tentang bisnis rumahan Anda, membangun hubungan, dan benar-benar membentuk koneksi.
Tapi Tentang Apa Saya Akan Menulis Siaran Pers?
Seperti yang dinyatakan di atas, siaran pers tidak harus tentang peristiwa yang menggemparkan (meskipun berita besar dapat menarik banyak perhatian dengan cepat, seperti yang akan Anda lihat di bawah). Berikut adalah 10 ide yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan publisitas gratis dengan menggunakan kekuatan pers:
1. Umumkan pembukaan usaha Anda. Jika Anda sudah lama berkecimpung dalam bisnis dan belum pernah menulis siaran pers tentangnya, tulislah sebuah artikel yang mengumumkan pernyataan misi Anda. Beritahukan kepada dunia siapa kamu Dan apa yang bisa kamu tawarkan.
2. Publikasikan produk atau layanan baru yang Anda luncurkan. Bagikan manfaat apa yang diharapkan pelanggan Anda, dan beri tahu mereka cara berbisnis dengan Anda.
3. Umumkan seminar daring dan webinar Anda. Siaran pers adalah cara yang fantastis untuk menarik peserta, jadi selalu sertakan informasi yang cukup untuk memastikan Anda menarik perhatian peserta. Kanan hadirin.
4. Ungkapkan penjualan khusus atau penawaran khusus yang sedang Anda lakukan. Beritahu calon pelanggan Anda tepat mengapa mereka harus melakukan segala kemungkinan untuk mencari Anda.
5. Ingat berita besar itu? Hubungkan berita besar dengan sesuatu yang terjadi di perusahaan Anda. Sebagai contoh, sekitar dua minggu sebelum tulisan ini dibuat, Pangeran William mengumumkan pertunangannya dengan Kate Middleton. Franklin Mint kemudian mengumumkan produksi boneka potret Kate Middleton edisi terbatas.
6. Buat grup Meetup untuk pemilik bisnis rumahan di daerah Anda dan promosikan dengan siaran pers. Anda dapat mengumumkan pembentukan grup itu sendiri dan mengirimkan siaran pers sebelum setiap acara. Dengan cara ini, keanggotaan Anda akan bertambah. Dan meningkatkan kehadiran pada rapat.
7. Publikasikan berita saat Anda meluncurkan situs web Anda dan setiap saat Anda membuat perubahan besar. Pastikan untuk menyertakan insentif bagi pembaca untuk benar-benar mengunjungi situs Anda.
8. Buatlah siaran pers saat Anda merekrut staf pendukung. Ini adalah pernyataan tersirat bahwa bisnis rumahan Anda berkembang pesat dan prospek Anda perlu berbisnis dengan Anda. Sekarangselagi mereka masih dapat bekerja dengan Anda secara pribadi.
9. Adakan acara amal dan sampaikan kepada dunia melalui siaran pers. Salah satu cara terbaik untuk menerapkan ide ini adalah dengan menawarkan produk untuk dijual dan menyumbangkan 100% dari hasil penjualan untuk badan amal pilihan Anda. Cara ini sangat efektif jika produk yang dijual adalah produk informasi karena ini meminimalkan biaya Anda. Tidak punya produk informasi? Atur wawancara dengan tokoh terkenal di pasar Anda (beri tahu mereka bahwa ini untuk amal), rekam wawancara tersebut, dan jual unduhan mp3.
10. Mulai kontes dan tulis artikel berita untuk mengumumkannya. Sertakan informasi yang cukup agar pembaca dapat memahami aturan dan manfaatnya dengan jelas. Kontes adalah alat yang fantastis untuk membangun daftar prospek Anda.
Jadi, Apa Saja yang Ada dalam Siaran Pers?
Salah satu kunci sukses siaran pers daring adalah menulis berita Anda sedemikian rupa sehingga akan ditemukan saat orang mencari apa yang Anda tawarkan.
Untuk melakukan ini, luangkan beberapa menit untuk bertukar pikiran dan menuliskan kata-kata dan frasa tertentu yang kemungkinan besar akan dimasukkan oleh prospek ideal Anda ke dalam kotak pencarian saat mereka mencari solusi yang Anda berikan. Kemudian gunakan alat riset kata kunci, seperti Google External Keyword Tool, untuk mengidentifikasi istilah pencarian yang paling populer di pasar Anda.
Pilih 4-5 istilah yang paling populer. Salah satu dari istilah ini akan menjadi kata kunci utama Anda, dan sisanya akan berfungsi sebagai kata kunci pendukung – atau sekunder. Kata-kata inilah yang akan Anda fokuskan saat menulis siaran pers untuk bisnis rumahan Anda.
Sekarang setelah Anda mengetahui kata kunci Anda, mari kita lihat apa yang harus dimasukkan dalam siaran pers.
1. JudulJudul siaran pers yang baik haruslah singkat, dimulai dengan kata kunci utama, dan langsung menarik perhatian pembaca. Gunakan kata-kata tindakan dan kata-kata yang kuat seperti hasil, rahasia, berisiko, terungkap, dan mengumumkan. Ingat bahwa tujuannya adalah untuk memotivasi audiens untuk ingin untuk membaca lebih lanjut.
2. RingkasanRingkasan terdiri dari satu atau dua kalimat yang menjelaskan tentang berita Anda, dan harus menyertakan 3-5 kata kunci sekunder. Ringkasan harus menarik calon pembaca untuk membaca seluruh artikel. Sebaiknya cantumkan tautan ke situs web Anda dalam ringkasan siaran pers sehingga pembaca dapat langsung mengunjungi situs Anda jika mereka menginginkannya.
3. Garis waktu. Tanggal berita harus mencantumkan tanggal dan pernyataan berita yang jelas dan ringkas. Saat seseorang membaca tanggal berita, mereka harus langsung memahami apa yang Anda laporkan.
4. Tubuh utamaIsi siaran pers Anda harus sepanjang 300-800 kata, ditulis dari sudut pandang orang ketiga yang netral. Isi siaran pers harus menjawab 5W — siapa, apa, di mana, kapan, dan mengapa. Isi siaran pers harus berfokus pada satu berita dan tidak boleh ditulis seperti iklan. Sebaliknya, beri tahu pembaca apa yang sedang terjadi dan mengapa mereka harus peduli. Pastikan untuk menyertakan 1-3 tautan ke situs web Anda di isi siaran pers Anda. Setidaknya satu tautan harus menggunakan kata kunci utama Anda sebagai teks jangkar (teks yang terlihat dan dapat diklik di hyperlink) dan setidaknya satu tautan harus menggunakan alamat situs web Anda yang sebenarnya sebagai teks jangkar. Luangkan waktu untuk memastikan salah satu kata kunci Anda ada di setiap paragraf siaran pers Anda.
5. Tentang/Boilerplate. Berikan pembaca siaran pers Anda pandangan mendalam tentang bisnis rumahan Anda. Beri tahu mereka tentang sertifikasi, penghargaan, dan kehormatan khusus yang pernah Anda terima. Sampaikan proposisi penjualan unik Anda. Kemudian, cantumkan ajakan bertindak, dengan tautan langsung ke situs web Anda, sebagai baris terakhir.
6. Kontak informasiBerikan nama Anda, nama perusahaan, nomor telepon, dan alamat situs web bisnis Anda sehingga pembaca dan anggota media dapat dengan mudah menghubungi Anda. Jangan gunakan alamat email pribadi.
Jadi Saya Hanya Menulis Siaran Pers dan Orang-Orang Mulai Menelepon?
Baiklah…tidak.
Setelah Anda menulis siaran pers, Anda harus mengirimkannya ke layanan distribusi daring. Layanan ini membagikan berita Anda ke beberapa situs web sehingga konten Anda dipublikasikan di seluruh web, sehingga meningkatkan eksposur Anda dan kemungkinan audiens target Anda akan terhubung dengan Anda dan mengetahui tentang bisnis rumahan Anda.
Meskipun ada beberapa layanan berbayar, ada juga beberapa yang memungkinkan Anda mendistribusikan berita tanpa biaya.