Tanpa pembiayaan perdagangan, tidak akan ada rempah-rempah, pakaian, atau perhiasan India di Amerika Serikat. Atau iPhone Apple di Tiongkok, apalagi produk internasional lainnya yang berjarak cukup jauh dari asalnya.
Faktanya, menurut Investopedia, Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memperkirakan perdagangan internasional dunia meningkat 80%-90% berkat trade finance.
Agar hal ini dapat terus berlanjut, perusahaan perlu memasukkan trade finance dalam strategi pengembangan bisnisnya.
Bagaimana kamu melakukannya? Pelajari bagaimana Anda dapat memasukkan pembiayaan perdagangan ke dalam strategi pengembangan bisnis Anda.
Memasukkan Pembiayaan Perdagangan Dalam Negeri dalam Penetrasi Pasar dan Pengembangan Pasar
Penetrasi pasar dan pengembangan pasar adalah bagian penting dari strategi pengembangan bisnis. Pengembangan pasar melibatkan penjualan lebih banyak layanan atau produk Anda kepada pelanggan tetap.
Meskipun penetrasi pasar adalah tentang memperluas produk atau layanan Anda ke kota dan provinsi lain, hal ini dapat melibatkan pembiayaan perdagangan dalam negeri. Karena Anda mungkin harus menegosiasikan ulang kesepakatan perdagangan lokal dan provinsi.
Misalnya, Anda menjual perhiasan. Sebuah bisnis dari kota tetangga mungkin membeli perhiasan Anda dan menjualnya kepada pelanggannya.
Anda memiliki sejarah panjang dengan klien ini. Dan ketahuilah bahwa produk Anda cepat terjual di toko pelanggan Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengusulkan untuk menjual lebih banyak perhiasan kepada klien dengan harga grosir.
Setelah bernegosiasi, klien setuju. Namun, meskipun Anda memiliki sejarah panjang dan positif dengan klien, klien mungkin merasa tidak nyaman membayar Anda sebelum Anda mengekspor perhiasan tersebut.
Di sinilah peran pemodal perdagangan atau lembaga perbankan, memberikan surat kredit yang menjanjikan bahwa Anda akan mengekspor perhiasan tersebut setelah pembayaran.
Pertimbangkan Internet dan Toko Brick-and-Mortar
Jika Anda sudah menjual lebih banyak produk atau layanan Anda kepada klien, mungkin inilah saatnya untuk memperluas ke saluran lain seperti Internet?
Jika Anda menjalankan toko e-niaga yang sukses, mungkin ini saatnya untuk memulai toko fisik juga?
Dengan begitu, pelanggan Anda memiliki lebih banyak pilihan tempat membeli produk Anda.
Terutama ketika menyangkut toko fisik, pembiayaan perdagangan dapat membantu Anda mendapatkan kesepakatan perdagangan impor dan ekspor baru-terutama ketika ada banyak mata uang yang terlibat.
Menciptakan Produk atau Layanan Baru untuk Pelanggan Berulang dan Baru
Dengan pelanggan tetap, Anda menggandakan jumlah produk yang diimpor oleh klien tetap.
Dan, dengan klien baru, produk atau layanan baru Anda akan memperluas basis klien Anda. Penting bagi Anda untuk terlebih dahulu membuat produk baru untuk pelanggan tetap Anda sebelum beralih ke pelanggan baru, karena ini melibatkan lebih banyak risiko.
Sekali lagi, pembiayaan perdagangan dapat membantu menumbuhkan lebih banyak kepercayaan selama periode pertumbuhan ini. Karena pemodal perdagangan atau lembaga perbankan dapat membuat letter of credit, maka importir dan eksportir harus menetapkan persyaratan yang harus diikuti.
Pemikiran Akhir Tentang Strategi Pengembangan Bisnis Anda
Ketahuilah bahwa pertumbuhan tidak terjadi dalam sehari; lebih sulit bagi bisnis untuk beralih dari penetrasi pasar ke memasok produk baru ke klien baru.
Inilah sebabnya kami menyarankan Anda mendekati pertumbuhan secara perlahan. Namun, ketahuilah bahwa pembiayaan perdagangan dapat membantu meningkatkan jumlah klien yang berdagang dengan Anda, di mana pun mereka berada.
Apa pendapat Anda tentang pembiayaan perdagangan? Bagaimana hal ini membantu bisnis Anda? Bagikan pemikiran, komentar, dan tanggapan Anda kepada kami.